Sabtu, 02 Februari 2013

SEJARAH INTERNET

SEJARAH

Internet merupakan jaringan komputer yang di bentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang di sebut  ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).Proyek  merancang bentuk jaringan,kehaandalan,seberapa besar informasi dapat dipindahkan,dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunya proyek itu adalah untuk keperluan militer.Pada mulanya ARPANET hanya menggabungkan empat situs saja yaitu Stanford Research Iinstitute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk suatu jaringan terpadu  pada tahun 1969, dan secsrs umum ARPANET di perkenalkan pada bulan Oktober 1972. tidak lama kemudian proyek ini diberkembang pesat di seluruh daerah dan semua Universitas di negara tersebut ingin bergabung sehinga membuat arpanet kesulitan untuk mengaturnya.
oleh sebab iti arpanet  di pecah menjadi dua yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer. seperti universitas-universitas.

1982   istilah "internet" pertama kali di gunakan dan TCP/IP di adopsi sebagai protokol universal untuk
                 jaringan tersebut.
           name server mulai di kembangkan sehingga mengijinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut . tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke internet.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar